Rabu, 09 Juli 2014

Mengakses Data Flashdisk Dari HP dengan Kabel OTG

Akses Flashdisk di HP Kabel OTG HP
Akses Flashdisk di HP Kabel OTG HP

Buka data flashdisk dari hp android. Cara Akses Data Flashdisk Di Android - Tutorial yaitu cara membaca isi data flashdisk di android yang kalian miliki. sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, flashdisk biasanya hanya digunakan dan diakses pada perangkat komputer yang terdapat slot USB. namun, dengan sebuah kabel Universal Serial Bus yang di convert ke slot android, kita bisa melakukannya dengan mudah. bagaimana caranya?


Untuk menghubungkan sebuah flashdisk ke android, kita membutuhkan sebuah komponen yang bernama kabel usb OTG (on the go). kabel ini memiliki ujung untuk slot Universal Serial Bus dengan ujung lagi untuk konektor ke android. sebagian kalian pasti sudah ada yang mengetahui kabel ini bukan. untuk yang belum, kabel usb OTG adalah sebuah kabel penghubung dengan konektor microUSB di salah satu ujung sebagai konektor dengan perangkat android anda, (micro usb hanya untuk beberapa tipe saja) dan tentunya sebuah Universal Serial Bus female konektor di ujung yang lainnya.


Flashdisk merupakan sebuah alat kecil yang bisa menyimpan begitu banyak data dengan kapasitas yang besar adalah sangat berguna. penting untuk bisa di bawa kemana pun anda butuhkan. bisa menyimpan dokumen kantor ataupun sebagai backup data agar bisa kita akses di rumah. kapasitas memory yang terdapat pada memory flashdisk beragam ada yang ukurang 1GB, 2GB, 4GB sampai sekarag teknologi sudah ada mengeluarkan ukuran flashdisk dengan kapasitas 64TB mungkin lebih. selanjutnya nanti kita bahas cara buka data flashdisk dari hp android.


Mungkin beberapa dari kita akan terkesan asing dengan istilah USB OTG, apakah USB OTG itu? Apakah kegunaan dari USB OTG itu? Pada artikel maxiandroid ini saya hendak berbagi kepada anda tentang USB OTG. Mari kita berbagi bersama MyAndroidTips.


Semula berawal dari saya ketika kehabisan ide untuk menulis artikel, namun rekan saya memberi masukan ide untuk menulis tentang USB OTG pada android. Mari kita mulai untuk berbagi tentang USB OTG pada android, namun pada artikel ini hanya bersifat pengenalan tentang USB OTG pada android bukan melangkah ke yang lebih advance.


Apakah USB OTG?


USB OTG adalah singkatan dari Universal Serial Bus on the go, USB OTG adalah sebuah fitur baru pada smartphone yang mempermudahkan kita untuk mentransfer data dari smartphone ke sebuah perangkat lain melalui kabel USB OTG, namun tidak semua perangkat android mempunyai fitur tersebut, untuk memakai fitur tersebut beberapa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.


Fungsi dari USB OTG


Sebagian besar artikel yang ada pada blog mengatakan bahwa USB OTG digunakan untuk transfer data dari perangkat android ke media penyimpanan, namun sebenarnya USB OTG mempunyai fungsi lain yang dapat digunakan untuk berbagai macam.


Fungsi dari USB OTG


Sebagian besar artikel yang ada pada blog mengatakan bahwa USB OTG digunakan untuk transfer data dari perangkat android ke media penyimpanan, namun sebenarnya USB OTG mempunyai fungsi lain yang dapat digunakan untuk berbagai macam.


cara buka data flashdisk dari hp android


Sehingga USB OTG berfungsi sebagai konektor antara perangkat android anda dengan perangkat lain.


Arsitektur USB OTG


Pada standar USB menggunakan master / slave arsitektur, sebuah USB host bertindak sebagai master protokol, dan USB perangkat bertindak sebagai slave. Hanya host yang dapat menjadwalkan konfigurasi dan transfer data di atas link. Perangkat tidak dapat memulai transfer data, mereka hanya menanggapi permintaan yang diberikan oleh host. Untuk mengenal lebih jauh tentang Universal Serial Bus anda dapat membaca di sini.


OTG memperkenalkan konsep bahwa perangkat dapat melakukan baik master dan slave, dan mengubah terminologi. Dengan OTG, sebuah perangkat dapat menjadi host (bertindak sebagai master link) atau perifer (bertindak sebagai slave link).


USB on the go menggambarkan host / peran perifer swapping hanya untuk kasus koneksi pada perangkat yang satu menuju pada perangkat yang lain di mana dua perangkat OTG secara langsung terhubung. Peran swapping tidak bekerja melalui sebuah hub standar, sebagai salah satu perangkat akan bertindak sebagai host dan yang lain sebagai perifer sampai mereka terputus. Cara buka data flashdisk dari hp android. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca di sini.


USB OTG pada Android


Setelah saya mencoba berbagi tentang pengertian USB OTG dan cara buka data flashdisk dari hp android maka sekarang saatnya kita berbagi tentang USB OTG pada android. Keuntungan dari USB OTG, anda dapat menggunakan periperal lain yang dapat dikoneksikan ke android sebagai contohnya USB keyboard, USB mouse, flash disk, USB midi controller dan lain-lain.


File Explorer USB OTG
File Explorer USB OTG



Anggapan bahwa, tidak semua android support USB OTG, sehingga cara buka data flashdisk dari hp android tidak bisa dilakukan. Hal itu dikarenakan tidak semua kernel android support USB OTG, namun jika anda menggunakan kernel yang support OTG, maka anda dapat memanfaatkan USB OTG tersebut. Jadi kesimpulannya, USB OTG tidak bergantung pada type atau merk android anda, namun bergantung dari kernel android anda apakah support atau tidak.Untuk menggunakan USB OTG anda bisa membeli kabel USB OTG harganya relatif murah (di bawah $10), atau anda dapat membuat sendiri dengan menggabungkan jack Universal Serial Bus yang sudah tidak anda pakai (namun beberapa OTG tidak dapat menggunakan cara ini).


NB : untuk kalian yang ingin flashdisknya di akses datanya melewati android, terlebih dahulu android kalian sudah dilakukan root sebelumnya. karena, harus diperlukan akses sistem untuk menampilkan data pada flashdisk. untuk kalian yang belum tahu apa itu root, bisa membaca artikel pengertian dan fungsi rooting android.Nah, dari dua keterangan diatas kalian sudah mengerti kan apa maksudnya? maksudnya yaitu kedua komponen tersebut dibutuhkan untuk tutorial kali ini. untuk lebih jelasnya kalian harus menyiapkan alat dan komponen seperti:


  • Sebuah flashdisk untuk dicoba melakukan akses data didalamnya.
  • Perangkat android, apa saja yang kalian gunakan.
  • Astro file explorer, dapatkan via google playstore. (untuk kalian yang sudah mempunyai ile manager lain, bisa menggunakan file manager tersebut tanpa harus install astro file explorer).
  • Stick mount, dapatkan via google playstore.
  • Kabel USB OTG (on the go). untuk kalian yang belum memiliki kabel ini, bisa membelinya di toko aksesoris handphone kesayangan kalian dengan harga kisaran 15ribu sampai 25ribu yang mereknya bagus.


OTG Untuk Akses Flashdisk dll
OTG Untuk Akses Flashdisk dll


Apabila komponen diatas sudah kalian siapkan, berikut cara akses data flashdisk di android dengan mudah / Cara buka data flashdisk dari hp android :

  • Install stick mount apk yang sudah kalian siapkan di android kalian, kemudian sambungkan kabel usb OTG (on the go) ke perangkat.
  • Pasangkan Universal Serial Bus pada kabel OTG (on the go) yang sudah di sambungkan ke perangkat sebelumnya. akan muncul popup, kalian ceklis "use by default" dan tekan "OK" pada saat memerintahkan penggunaan aplikasi "open stick mount when Universal Serial Bus device connected".
  • Berikan hak akses superuser kepada aplikasi stick mount apabila muncul peringatan penggunaan hak akses. kalian set ke "always have superuser access".
  • Setelah sukses terhubung dengan perangkat, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan dari aplikasi stick mount "active mounts : /sda/usbStorage/sda1" sebagai pemberiahuan semata bahwa Universal Serial Bus kalian sudah sukses terhubung.
  • Buka file manager yang yang sudah kalian install di android masing-masing dan lihat ke folder USB storage. apabila kalian menggunakan astro file manager, kalian bisa melihat path Universal Serial Bus kalian di "usbdisk" dari main menu. selanjutnya tinggal kalian lakukan sesuka hati apakah ingin dihapus atau di copy dan lain-lain. tidak hanya itu, kalian juga dapat memutar file yang ada di flashdisk kalian secara langsung di android.


Bagaimana? caranya mudah bukan membuat akses file flashdisk kita di android sendiri. ini menjadi salah satu alternatif untuk kalian yang kebetulan tidak membawa laptop, namun ingin mengambil suatu data di flashdisk. cukup sekian artikel tentang Cara Akses Data Flashdisk Di Android. semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. terima kasih sudah berkunjung.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar:

  1. sip gan,, tapi mau nanya flashdisk kan mesti ada virusnya toh. nah kalo diakses lewat hp apa nanti virusnya bisa nyampe hp ? solder uap

    BalasHapus
  2. Mengakses Data Flashdisk Dari Hp Dengan Kabel Otg - Otoritas Android >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mengakses Data Flashdisk Dari Hp Dengan Kabel Otg - Otoritas Android >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mengakses Data Flashdisk Dari Hp Dengan Kabel Otg - Otoritas Android >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

 
Powered By : Teknovaganza