Rabu, 30 Juli 2014

Tutorial Cara Mudah Install Whatsapp di Tablet Android

Teknologi baru, gadget baru... Tutorial Cara Mudah Install Whatsapp di Tablet Android. Saya baru saja mendapatkan sebuah gadget yaitu tablet Nexus 7 baru dan setelah menghabiskan beberapa lama untuk mentransfer buku (google books), musik, aplikasi, dan yang lainnya ke tablet baru tersebut, tetapi salah satu aplikasi yang paling sering saya gunakan yaitu whatsapp adalah satu aplikasi yang cukup sulit dan repot bagi saya dibanding aplikasi yang lain karena secara default, whatsapp tidaklah kompatibel dengan tablet khususnya tablet android.

Whatsapp adalah Aplikasi Favorit saya dan saya ingin meng-install nya di tablet saya
Whatsapp adalah Aplikasi Favorit saya dan saya ingin meng-install nya di tablet saya. © AndroidPIT

Sesuai dengan teknologi update gadget yang ada, terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh agar kamu bisa membuat aplikasi whatsapp berjalan di tablet, dan dimana kebanyakan memberikan solusi yang cukup kompleks dan jalan keluar yang agak repot seperti harus root terlebih dahulu perangkat anda. Saya menemukan sebuah metode yang bekerja sangat baik dibanding jika anda harus mendapatkan aplikasi lain dan menginstal sebuah .apk tersendiri lagi dan ini sangat to the point tidak bertele-tele. Akan segera kita simak bagaimana caranya.

Untuk mengingatkan anda bahwa dengan cara ini anda akan membuat sebuah akun whatsapp baru yang unik untuk tablet anda. Jika anda menginginkan untuk menggunakan akun yang lama atau membuat dua nomor identik di dua perangkat android, saya akan beritahukan bahwa ini adalah akhir dari artikel ini karena cara berikut tidak termasuk tutorial melakukan hal tersebut.

Langkah pertama. Dapatkan aplikasi whatsapp dari website whatsapp. Jika anda menginginkan untuk melakukan ini dan tidak langsung di redirect ke google play store. gunakan chrome atau firefox sebagai tablet browser lalu request desktop site dari whatsapp website. Selanjutnya klik pada android donload dan file .apk dan segera terdonload kedalam tablet anda.

Apapun browser yang anda gunakan, pastikan anda mengunjungi Whatsapp dalam mode desktop
Apapun browser yang anda gunakan, pastikan anda mengunjungi Whatsapp dalam mode desktop. © AndroidPIT

Langkah kedua. Pastikan anda bisa untuk menginstal dari unknown source atau sumber yang tidak diketahui, yang dimaksud disini adalah untuk aplikasi yang akan di instal kedalam tablet anda. Cara meng-cek-nya adalah masuk ke Settings lalu Unknown Sources. Pengaturan ini akan mengijinkan .apk yang tidak terdonload langsung dari google play store akan bisa diinstal di device anda. Selalu pastikan anda tahu apa yang anda donload dan install karena hal ini bisa saja berbahaya.

Langkah ketiga. selanjutnya install TextPlus : Android App dalam tablet anda atau aplikasi lainnya yang tersedia di negara anda ini akan mengijinkan kamu untuk menerima pesan sms di tablet dimana anda akan membutuhkannya untuk otorisasi tablet anda agar dapat menggunakan whatsapp.

Langkah keempat. Kirimkan sebuah pesan teks ke telepon anda ataupun teman anda dari TextPlus agar anda mendapatkan nomor perangkat anda atau anda bisa cek di Settings lalu Contact Info, dari sana anda akan menemukan nomor dari tablet anda yang didapatkan dari TextPlus.

Menggunakan TextPlus (Kanan), atau app sms lain untuk mendapatkan nomor telepon tablet anda
Menggunakan TextPlus (Kanan), atau app sms lain untuk mendapatkan nomor telepon tablet anda. © AndroidPIT

Langkah kelima. Install .apk whatsapp yang didapatkan dari website resmi nya.

Langkah keenam. Ikuti petunjuknya, ketika proses menanyakan nomor untuk autorisasi aplikasi, masukkan nomor TextPlus anda ketika itu tidak akan secara otomatis meng-autorisasi, anda menerima sebuah pesan teks yang di dalamnya terdapat kode yang bisa anda gunakan untuk validasi aplikasi nya. 

Kode Verifikasi Untuk Otorisasi Aplikasi
Kode Verifikasi Untuk Otorisasi Aplikasi. © AndroidPIT

Setelah terotorisasi set-up akun whatsapp anda seperti normal.

Wow! Whatsapp terpasang di tablet kamu.

Aplikasi Whatsapp Ter-install
Aplikasi Whatsapp Ter-install. © AndroidPIT

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, cara ini akan menginstal whatsapp sebagai akun yang sangat baru itu berarti menggunakan nomor baru dan tidak bisa mentransfer nomor dari whatsapp lama anda atau dari handphone anda. Jika anda mencari untuk cara bagaimana mentransfer akun whatsapp dari perangkat anda, anda dapat gunakan nomor telepon normal di dalam langkah keenam di atas. Proses autorisasi akan mengikuti langkah yang sama tapi akun anda akan ditransfer. tentu tidak akan bisa aktif di smartphone anda lagi.

Jika anda ingin untuk juga memindahkan history chat anda, lihat artikel selanjutnya di blog ini untuk mengetahui caranya.

Akhirnya, terdapat beberapa metode yang berbeda untuk menggunakan whatsapp di dalam tablet anda tapi kebanyakan memerlukan anda untuk root tablet anda atau android phone yang juga telah di root. Saya menemukan bahwa ini adalah cara yang paling simpel dan tidak repot untuk cara menginstal whatsapp di tablet android dan bekerja cukup mudah dan efektif di tablet nexus 7 saya, dan yang paling penting mengijinkan saya untuk dapat memasang salah satu aplikasi favorit saya di dalam gadget yang sebelumnya tidak compatible.

Sudahkah anda menginstal whatsapp di tablet android anda ? Beritahu kami di komentar bagaimana cara kamu melakukannya. :)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar:

 
Powered By : Teknovaganza