Sabtu, 05 Juli 2014

Cara Membuat Widget Homescreen Sendiri Aplikasi Zooper Widget





Kebebasan yang android sediakan untuk para penggunanya adalah sesuatu yang tidak kamu dapatkan dengan handphone operating system lain. Widget pun telah menjadi karakteristik dari android untuk waktu yang lama, sebelum Apple berjalan lebih dahulu dan mengintegrasikannya ke iOS 8.0.

Biasanya aplikasi akan datang dengan widget yang telah disediakan atau beberapa widget bisa drag and drop ke homescreen agar bisa mendapatkan akses cepat ke aplikasi tersebut / aplikasinya. Tapi bagaimana jika membuat desain widget sendiri ? Seperti banyak tweak android smartphone lainnya, kamu perlu sebuah aplikasi tambahan yang bisa didapatkan dari google play untuk melakukan tugas ini yaitu membuat widget sendiri dengan hp, aplikasi yang digunakan bernama aplikasi android zooper widget.

Buat Widget Kamu Sendiri Dengan Zooper Widget


Dari para pembuat tema dan widget applications / apps yang banyak terdapat dalam google play store, zooper widget adalah sebuah aplikasi terbaik gratis. Ada juga terdapat aplikasi pro dengan kustomisasi yang lebih banyak dan pilihan setting yang lebih banyak lagi dengan harga USD 2.49. Saya mencoba aplikasi ini dengan nexus 5, tapi ini mendukung semua smartphone atau tablet asalkan menggunakan android versi 3.2 atau lebih baru.

Dapatkan Aplikasi Zooper Widget di link ini

Setelah menginstal aplikasinya kamu harus pertama memilih ukuran widget dan menariknya ke google homescreen, ada banyak ukuran yang bisa dipilih dari aplikasi ini dari 1x1 sampai 4x4 icon spaces. Setelah selesai kamu bisa mengatur layout untuk menambahkan isi atau konten. Mereka dipisahkan menjadi beberapa modul atau tipe seperti text, bitmap, icons, progress bar, gambar sendiri, dan lain sebagainya. 

Zooper Widget Icon Resize Home Screen
Langit adalah batasan untuk ukuran yang bisa dibuat dan dimiliki. Dengan aplikasi zooper widget dan kamu juga bisa tarik tepi dari widget aplikasi untuk mengubah ukuran nya nanti.


Isi yang bisa kamu tambahkan ke widget zooperwidget bisa berupa waktu, tanggal, status baterai, kalender, astronomi, lokalitas, network, system, cuaca dan lain sebagainya, kamu juga bisa menambahkan teks kamu sendiri secara manual setelah kamu menambahkan isinya, ukurannya warnanya, bentuk huruf nya, dan faktor lain bisa kamu tweak. Juga ada banyak pilihan pengaturan option jadi ini membutuhkan beberapa waktu agar kamu bisa menguasai dan familiar dengan seluruh pengaturan dan pilihan dari aplikasi zooper.


Zooper Widget Membuat Widget Sendiri Setting Screen
Entah kamu ingin memilih set up time template atau ingin membuat semuanya dari nol, aplikasi zooper widget untuk android ini memiliki banyak pilihan pengaturan.


Tidak hanya perbedaan tipe dari isi dan modul yang bisa ditambahkan ke widget, terdapat juga banyak sub kategori untuk kustomisasi jadi kamu bisa custom setiap detil akhir dari widget kamu sendiri yang kamu buat. Ada juga beberapa referensi global seperti pemilihan apa ingin menggunakan background transparan atau menggunakan berapa lama refresh interval untuk informasi seperti cuaca, suhu celsius atau suhu fahrenheit, memilih dari weather provider mana, geocoding, landscape mode, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa fitur yang didapatkan dan bisa gunakan dalam zooper widget :


Full Math expressions supported (like Star Trek stardate)
Battery info
World clock (multiple time zones)
Weather for current or multiple locations
Up to 5 days forecast (multiple providers: Open Weather Map, YR.NO)
Calendar info
System info (uptime, alarms, SD card space)
Network info (WiFi, networks etc)
Network traffic data stats for various time frames
Missed calls, unread SMS, unread GMail (more than one account and label)
Sunrise, Sunset and Astrological Nautical or Civil twilight
Moon Rise, Set and Illumination percentage
Completely dynamic and customizable TTF and PNG icon sets
Static Bitmaps (PNG with alpha and JPG)
Progress Bars customizable with any numeric variable such as min/max and value
Tasker integration
Jelly Bean lock screen support


My Android Tips Font Change Edit Layout Font
Untuk memulai kamu membutuhkan untuk memilih pengaturan layout. Dari sana kamu bisa menambahkan berbagai macam modul seperti text, gambar, icon, grafis, dan lain lain dan mengganti setiap rincian terkecil seperti bentuk font.

Zooper widget juga memiliki atau telah langsung mendukung bentuk font roboto yaitu font resmi dari android kitkat terbaru, jadi widget kamu akan dapat sesuai atau serasi dengan user interface jika kamu menggunakan android versi kitkat ini.

Membutuhkan banyak waktu untuk saya menggunakan dan mengcustom dan mengedit dan melakukan adjusment lalu melakukan penempatan posisi dari setiap bagian dari widget yang dibuat dan saya pikir dengan latihan saya akan bisa membuat dengan desain yang lebih baik. Hal yang keren dan bagus dari aplikasi ini adalah bahwa kamu tidak memerlukan kemampuan programming sama sekali untuk bisa menggunakan aplikasi ini, yang kamu butuhkan hanya ide dan sedikit kesabaran dalam pembuatan.

Layar Pengatuan Ekstensif Banyak Sekali Option Aplikasi Android
Jumlah dari pengaturan yang bisa dilakukan di option sangat ekspansif termasuk interval refresh rate, weather network source, warna untuk font dan background.


Saya bereksperimen dengan beberapa warna yang berbeda, gambar saya sendiri, waktu dan tanggal serta cuaca dalam format yang berbeda-beda dengan beberapa kasus seperti persentase dari status baterai, status waktu dan hari dalam seminggu, atau icon dari cuaca dengan suhu dan tanggal dalam form teks normal. Jika kamu memiliki beberapa masalah menemukan ide atau desain, terdapat banyak template tersedia di XDA Developer Forum


Contoh Widget yang Sudah Jadi via Zooper Widget
Contoh Widget yang Sudah Jadi via Zooper Widget



Terdapat banyak tweak yang bisa dilakukan tetapi memang lumayan sulit untuk membuat sebuah widget yang sangat baik di percobaan pertama, terlebih lagi jika kamu tidak tau dengan pasti apa yang kamu inginkan, saya yakin kamu bisa membuat sebuah widget yang terlihat sangat bagus dan keren dan mungkin lebih baik dari aplikasi yang telah saya selesaikan untuk dibuat. Gambar diatas yang sebelah kanan adalah mungkin yang terbaik widget yang bisa saya buat atau kreasikan.

Jika kamu mencoba untuk membuat zooper widget kamu sendiri bagikan itu dengan kami tampilkan itu di homescreen kirimkan kepada kami. Kalian coba sendiri, selamat mencoba, salam dari my android tips.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar:

 
Powered By : Teknovaganza