Rabu, 25 Juni 2014

Cara Mudah Memperkuat Sinyal BOLT Super 4G LTE Tutorial Lengkap

memperkuat sinyal 4g bolt yang lemah

Cara Mudah Memperkuat Sinyal BOLT Super 4G LTE Tutorial Lengkap - Modem BOLT 4G LTE sekarang menjadi paling populer untuk koneksi internet cepat dan murah khusunya di Jabotabek, Meski begitu, tidak semua daerah di Jabotabek terjangkau oleh sinyal bolt ini. Tapi bagaimana jika daerah kamu terjangkau tapi sinyal bolt super 4G yang kamu dapat sinyal nya tidak stabil atau sinyal nya lemah ? Saya punya solusi nya, agar koneksi internet bolt 4G kamu bisa stabil dan cepat, mempercepat koneksi internet bolt 4G dengan memperkuat sinyal 4G LTE.

Nah apa itu 4G LTE ? Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dimana berbasis pada jaringan GSM/EDGE danUMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali diadopsi oleh operator seluler TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009.

LTE adalah teknologi yang didaulat akan menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan akan menjadi standarisasi telepon selular secara global yang pertama.

Walaupun dipasarkan sebagai teknologi 4G, LTE yang dipasarkan sekarang belum dapat disebut sebagai teknologi 4G sepenuhnya. LTE yang di tetapkan 3GPP pada release 8 dan 9 belum memenuhi standarisasi organisasi ITU-R. Teknologi LTE Advanced yang dipastikan akan memenuhi persyaratan untuk disebut sebagai teknologi 4G. Di Indonesia, operator pertama yang menggunakan teknologi 4G ini adalah Bolt yang diluncurkan oleh PT. Internux pada tanggal 14 November 2013.

Kecepatan LTE


Kecepatan maksimum LTE bisa mencapai 299.6Mbps untuk mengunduh dan 75.4Mbps untuk mengunggah. Namun, operator seluler yang telah menyediakan jaringan ini, masih membatasi kapasitas dan kecepatan untuk pelanggannya. Pemerintahan di suatu negara juga punya cara yang berbeda mengatur pengalokasian rentang pita frekuensi.

Bagaimana cara mempercepat koneksi internet Bolt Super 4G LTE di modem ? Yuk cari tau jawabannya dibawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Bolt 4G 


Mungkin sebagian dari teman-teman khususnya area Jabodetabek pernah merasakan kecepatan internet yang ngebut dari Paket Internet Bolt, tapi mungkin sebagian lainnya malah merasakan kecepatan internet dimana tidak stabil kadang cepat kadang lambat. Perbedaan lokasi memang jadi penentu kecepatan internet. Ibarat pepatah yang menyebutkan “Lokasi menentukan Prestasi”.

mempercepat speed bolt 4g
Sinyal Bolt Full (High Speed)

memperkuat sinyal bolt 4g
Sinyal Bolt Middle (Good Speed)

mempercepat bolt 4g yang lemot
Sinyal Bolt Low (Low Speed)

Dapat dilihat diatas bahwa kecepatan internet Bolt 4G ini sedikit agak jomplang. Padahal lokasi tersebut masih berada dalam satu kawasan Jakarta. Jangankan beda kota, beda satu rumah sama tetangga sebelah saja kecepatan koneksi internet kita bisa tidak sama.

Lantas bagaimanakah cara mempercepat koneksi internet Bolt Super 4G LTE yang terkenal sangat cepat ini ? Salah satu cara yang paling jitu adalah menambah power dan jangkauan sinyal. Ada 2 metode yang bisa kamu lakukan, yaitu menambah power modem dan menambah power jangkauan sinyal.

Oke yang pertama adalah menambah power modem, maksudnya disini adalah modem yang kita gunakan harus dalam keadaan full power. Contoh kasus : Jika kamu menggunakan internet Bolt dengan modem Mobile WiFi ZTE MF90 maka, modem tersebut haruslah dicharge dengan menyambungkan kabel USB ke laptop / komputer. Hal tersebut akan menambah power modem dan akibatnya akan mempercepat koneksi internet Bolt Super 4G kamu.

Cara yang kedua dimana tidak kalah mujarabnya adalah menambahkan antena eksternal. Ini juga bisa menjadi trik bagi kamu yang berada dilokasi jangkauan sinyal 4G Bolt namun sinyal didapat relatif lemah atau tidak dapat sama sekali. Menggunakan antena eksternal akan menambah daya tangkap sinyal dimana pada akhirnya akan mempercepat koneksi internet Bolt Super 4G LTE ini. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan ANTENA YAGI EXTREME III, kamu bisa cari di google yang menjual antena tersebut. Salah satu kehebatannya adalah bisa menangkap sinyal sampai dengan jarak 30KM.

Saya sendiri sangat merekomendasikan untuk membeli antena ekstrenal seperti Yagi Extreme III ini. Hal ini dikarenakan saya sendiri sudah banyak melihat teman-teman pengguna jaringan Bolt lainnya dimana kecepatannya bertambah 3-5 kali lipat berkat menggunakan antena eksternal. Kalau kamu tidak mau repot-repot memasang antena, kamu bisa juga mencoba mencari modem 4G yang dibekali fitur signal booster. Karena modem 4G yang mempunyai signal booster, modem tersebut akan menangkap sinyal lebih kuat dari modem-modem pada umumnya. Oke sekian dulu, semoga membantu.

Terakhir yang saya coba sendiri adalah, simpan modem di tempat yang memiliki ketinggian seperti digantung, dan juga disarankan agar tidak menyimpan modem di tempat dimana tertutup rapat sebab penangkpa sinyal teknologi 4G sangat di pengruhi oleh faktor tersebut.

Demikian share kami tentang Cara Mudah Memperkuat Sinyal BOLT Super 4G LTE Tutorial Lengkap di My Android Tips, semoga bermanfaat.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar:

 
Powered By : Teknovaganza