Kamis, 10 Juli 2014

Cara Menghemat Baterai HP Android Tahan Lama

Menghemat Energi Baterai Android
Menghemat Baterai Android


Cara Menghemat Baterai pada HP Android, berikut adalah tulisan dengan konten Cara Membuat Baterai Tahan Lama di HP Android, Cara Membuat Baterai Tidak Boros di HP Android. Cara Menghemat Energi Baterai HP Android agar tahan lama tentu adalah pengalaman pengguna dalam menggunakan perangkat handphone mereka. Pada umumnya, ponsel yang baru dibeli tentu memili daya tahan baterai yang lebih lama. Namun, mengapa tidak pada smartphone dengan operating system Android didalamnya? Ya anda benar. Ini akan membuat lebih banyak energi yang digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Untuk itu, mari kita bahas artikel tentang Tips Menghemat Baterai pada Handphone Android ini.

Untuk Memperpanjang waktu pakai baterai hp. Beberapa orang tentu sudah tau tentang borosnya hp kita apalagi dalam kondisi baterai yang bocor, mungkin itu lain cerita disini ya. hahaha. Namun pada kenyataannya, pengguna malas untuk mengoptimalkan kinerja baterai yang mudah haus dan gelembung apabila penggunaan yang kasar, tidak sesuai aturan, dan bahkan tidak perduli karena pada saat itu baterai hidup lebih lama. Untuk itu, anda perlu mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang harus dihindari ketika kamu membeli ponsel genggam baru dan kondisi baterai yang baru.

Macam-macam Kesalahan yang dilakukan pengguna, diantaranya :



  • Cara memperpanjang waktu pakai baterai hp android : Ketika ingin melakukan cas / charge / charging hp, kondisi sumber daya masih dalam level normal artinya belum dibawah 12% dari total penuh kapasitas batre.
  • Baterai yang anda beli bukan asli dan original, tetapi mendapat kenyataan buruk baterai bekas atau duplikat.
  • Anda lupa waktu ketika melakukan charging, hingga di cas melewati batas 3 jam pengisian daya.
  • Baterai pernah terkena langsung sinar matahari dan didiamkan dalam waktu lama.
  • Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai, padahal ini justru membuat cepat habis daya apalagi jika anda tidak mengikuti settings yang direkomendasikan.


Perangkat Hardware apa yang bisa menyimpan energi baterai?


Dengan menggunakan Power bank tentu kita dapat mengisi sumber daya di tempat manapun, Ini salah satu cara memperpanjang waktu pakai baterai hp, tetapi ingat harus dalam kondisi sudah hampir habis dan jangan melepaskan socket dari perangkat ponsel lebih dulu melainkan Powerbank.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Handphone Android Tahan Lama ?



Menghemat Energi Baterai Android
Membuat Baterai Tidak Boros, image : diandroids.blogspot.com

Sistem operasi Android adalah menghidupkan sarana komunikasi mobile dan PDA tingkat atas dengan menawarkan fitur, fungsi dan arsitektur terbuka yang mengancam untuk menerbangkan segala sesuatu yang lain di pasar. Namun, banyak fitur yang tersedia pada perangkat Android dapat menyebabkan baterai menjadi dikeringkan sangat cepat. Oleh karena itu, di Cara Membuat Baterai Tidak Boros di HP ini menyarankan pengguna perangkat Android harus cerdas dan proaktif mengelola energi dalam baterai mereka. Pilihan hemat daya yang disajikan di sini dapat digunakan sesuai keinginan anda sebagai pemilik. Semua tips ini bisa pada saat bersama, secara individual atau dalam kombinasi yang diinginkan.

TIPS 1 DARI 5 - Memeriksa Kekuatan Terbesar yang Menyedot Baterai


1. Anda dapat mengecek langsung di bagian (Settings » About phone » Battery use) untuk memeriksa penggunaan kapasitas batre. Dalam Cara Menghemat Baterai pada HP Android, sebagian besar yang menghabiskan waktu daya anda adalah Layar. Halaman pengaturan Display memiliki beberapa pilihan yang dapat kamu tweak. Pertama, kamu harus memilih pengaturan ' Brightness' dan atur serendah mungkin. Pada kecerahan maksimum, layar kemungkinan besar akan mengkonsumsi lebih dari 50% bateraimu.

2. Juga silahkan pergi ke Settings-> Applications -> Running Services. Di sini Anda akan menemukan banyak layanan dengan penggunaan RAM mereka di sisi kanan. Pilih layanan seperti "update software", "email" dan layanan tidak digunakan oleh Anda. Sebuah opsi akan muncul pada tampilan layar yang akan berkata "STOP". Pilih untuk mengakhiri bahwa aplikasi tertentu tidak berjalan sementara waktu. Itu adalah salah satu Cara Membuat Baterai Tidak Boros di HP. Hal ini mengurangi penggunaan RAM dan memperpanjang umur baterai.

TIPS 2 DARI 5 - Mengurangi Konektivitas


1. Matikan Wifi ( Wireless Socket ) jika tidak digunakan.
Cara Menonaktifkan Jaringan WiFi terdapat Pada menu Settings » Wireless&networks » wifi. Pastikan wifi dalam keadaan off. Pemancar jaringan nirkabel menggunakan sedikit kekuasaan. Bahkan ketika perangkat tidak terhubung ke jaringan, Wireless akan terus mencari satu secara teratur perangkat terhubung. Kemudian Cara Membuat Baterai Tahan Lama di HP, segera matikan.

2. Matikan Bluetooth jika tidak diperlukan.
Yaitu caranya ada di bagian menu Settings » Wireless&networks -> bluetooth. Pastikan bluetooth dalam keadaan off.

3. Matikan GPS Jika sedang tidak dibutuhkan, contohnya ketika sedang tidur atau santai.
Terdapat di menu Settings » Personal » Location services » GPS satellites, hilangkan tanda cawang / ceklis pada bagian GPS satellits.

4. Beritahu perangkat anda untuk hanya menggunakan jaringan 2G. Cara memperpanjang waktu pakai baterai hp android : ( Pengaturan »Wireless kontrol» Jaringan mobile »Gunakan hanya jaringan 2G ) Jika Anda tidak membutuhkan akses ke data kecepatan tinggi, atau tidak ada 3G atau 4G jaringan di mana Anda tinggal, Anda dapat memberitahu Android untuk hanya menggunakan jaringan mobile 2G. Anda masih akan memiliki akses ke jaringan EDGE data dan WiFi jika diperlukan.

TIPS 3 DARI 5 - MENGURANGI DAYA DISPLAY


1. Cara lainnya untuk Cara Menghemat Baterai pada HP Android. Lakukan Mengurangi kecerahan layar Anda. ( Pengaturan »Suara & Tampilan» Brightness ) Kebanyakan orang dapat melihat tampilan Android cukup baik dengan fitur backlighting dimatikan. Gerakkan slider sepanjang langkah ke kiri, kemudian mencoba menggunakan perangkat seperti itu. Jika Anda tidak dapat melihat dengan baik dalam pengaturan itu, pindahkan slider ke kanan hanya sejauh yang diperlukan untuk melihat layar dengan nyaman. Atau bisa dengan opsi otomatis, Auto kecerahan ditambah dengan mode hemat daya (ditemukan pada kebanyakan smartphone model Samsung, LG, Sony, dan beberapa perangkat Motorola) secara konservatif akan menyesuaikan layar untuk lingkungan hanya kecerahan yang diperlukan saja.

2. Tetapkan batas waktu layar Anda dengan panjang sesingkat mungkin. Cara Menghemat Baterai pada HP Android : (Pengaturan »Suara & tampilan» Layar timeout) Pengaturan ini memberitahu perangkat untuk mematikan layar setelah jangka waktu yang dipilih tidak aktif. Semakin pendek periode durasinya, maka daya tampilan akan berkurang dengan banyak. Opsi pengaturan bervariasi dari ponsel ke ponsel.


Membuat Baterai Tidak Boros
Mengubah Waktu Screen Time out, image : diandroids.blogspot.com


3. Jika perangkat Anda memiliki layar AMOLED, Saran kami untuk Cara Membuat Baterai Tahan Lama di HP Android adalah selalu menggunakan latar belakang hitam. Layar AMOLED dapat mengurangi penggunaan daya tujuh kali lipat dengan menampilkan hitam bukan putih atau warna lain. Saat mencari di ponsel, Anda juga dapat menggunakan Black Google Mobile di bGoog.com untuk mendapatkan hasil pencarian standar Google (termasuk gambar) serba hitam.

TIPS 4 DARI 5 - MENGUBAH FITUR LAIN


1. Gunakan widget Power Control. (Layar Home »Menu» Tambah »Widget» Power control) Pada Android 1.6, ada sebuah widget yang dapat Anda tempatkan di salah satu dari layar rumah Anda yang memberi Anda tombol kontrol cepat untuk WiFi, Bluetooth, GPS, Push sync, dan kecerahan layar (tiga tingkat). Silahkan gunakan cara ini untuk mengontrol pengaturan dan mematikannya untuk menghemat daya baterai, seperti disebutkan di atas. Ini adalah pintasan mudah yang sangat bagus dan menarik.

2. Matikan fungsi getar telepon. Jika perangkat Anda menjalankan Android 4.0 atau lebih tinggi, tekan tombol volume bawah tombol sampai telepon Anda pergi untuk bergetar. Tekan sekali lagi untuk mengubah getaran off. Tips lainnya untuk Cara Membuat Baterai Tidak Boros di HP Android. Jika Anda memiliki Android 2.2 atau lebih tinggi, pergi ke Settings »Suara & tampilan» Telepon bergetar. Perangkat kecil di dalam ponsel Anda yang menghasilkan getaran menggunakan power lebih setiap kali diaktifkan melebihi suara / ring tone.

TIPS TERKAHIR 5 0F 5 - Ketika sedang Liburan, Travelling, dan Honeymoon


1. Tempatkanlah status perangkat HP Android anda dalam keadaan "Airplane Mode" sementara pada maskapai penerbangan. Tekan dan tahan tombol daya hingga menu ditampilkan. Pilih mode untuk mematikan pemancar telepon Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan ponsel saat dalam penerbangan. Tentu saja, jika Anda tidak berencana untuk menggunakan telepon, mematikan sepenuhnya dengan memilih "Matikan" adalah tip hemat daya tertinggi! Untuk daya pada perangkat, tekan dan tahan tombol power.

2. Bila bepergian,ketika mengambil charger serta kabel USB Anda dengan diri anda. Kebanyakan bandara , stasiun, masjid, tempat wisata, bioskop terkadang banyak yang menawarkan perangkat pengisian gratis atau outlet listrik, tetapi beberapa mungkin hanya menawarkan port USB untuk mengisi daya ponsel Anda.

3. Banyak pesawat yang juga memiliki port daya di suatu tempat dekat tempat duduk Anda yang dapat Anda gunakan untuk mengisi daya perangkat Anda selama penerbangan, baik saat berada di "Airplane Mode" atau saat Anda menggunakan layanan nirkabel dalam penerbangan pada penerbangan mana tersedia. Port daya di kursi pesawat (ketika mereka tersedia) adalah terbatas pada tegangan output tertentu dan dikonfigurasi untuk berhenti bekerja jika Anda melebihi ini selama penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan memiliki kekhawatiran bahwa pengisian baterai lithium dalam penerbangan dapat menyebabkan pelarian termal. Jadi saran untuk Cara memperpanjang waktu pakai baterai hp android jangan lakukan cas terlalu lama.

Beberapa tips cara menghemat baterai handphone android / Cara Membuat Baterai Tidak Boros di HP Android agar awet dan tahan lama adalah dengan mematikan koneksi sinkronisasi, caranya : pergi ke bagian " Settings » Personal » Accounts&sync ", pastikan dalam kondisi off. Selain itu juga bila perlu, lakukan Uninstall terhadap setiap jenis aplikasi yang jarang digunakan dan bersihkan berkas datanya namun tidak dengan game. Membersihkan / clear cache dan data pada perangkat akan merestart level permainan terakhir anda. Selain itu, tidak ada checkpoint dalam hal ini.

Demikian artikel saya dari blog kecil My Android Tips yang sudah saya bagikan dengan lelah ini. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman dan orang banyak.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar:

 
Powered By : Teknovaganza